Itabillyna, Diokta Verra (2018) MENINGKATKAN DAYA INGAT BUDAYA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET PADA PELAJARAN IPS. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
7. Diokta Verra Itabillyna 158620600047 (FIX).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (298kB) |
Abstract
Berdasarkan data awal di kelas V A SDN Candi Pari 1 Porong Sidoarjo, pada umumnya siswa kurang memahami materi pembelajaran. Hal ini disebabkan karena saat proses pembelajaran, guru tidak menggunakan metode atau media pembelajaran yang tepat. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tindakan perbaikan dengan menggunakan media kartu kuartet, sehingga tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kartu kwartet. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu kepada desain Kemmis dan Taggart. Data awal hanya 4 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas 9 siswa (45%). Pada siklus II, siswa yang tuntas 15 siswa (75%), dan pada siklus III siswa yang tuntas 18 siswa (90%). Hal ini melebihi target yang diharapkan, yaitu 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kwartet pada materi Kekayaan Budaya di Indonesia dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kartu Kuartet, Kekayaan Budaya Indonesia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 09 May 2018 11:02 |
Last Modified: | 09 May 2018 11:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3192 |
Actions (login required)
View Item |