PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SKALA PADA PETA MELALUI METODE KELOMPOK TERBIMBING DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V

Lokawati, Elok (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG SKALA PADA PETA MELALUI METODE KELOMPOK TERBIMBING DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS V. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Elok%20Lokawati.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penulis memilih judul Penelitian Tindakan Kelas “ Peningkatan Kemampuan Menghitung Skala Pada Peta Melalui Metode Kelompok Terbimbing Dengan Media Gambar Siswa Kelas V SDN Suko 1” dengan alasan karena siswa banyak mengalami kesulitan dalam menghitung skala pada peta. Hal ini disebabkan pada kegiatan belajar mengajar kurang diterapkannya penggunaan media yang menarik oleh guru serta penjelasan dari guru yang terlalu singkat. Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Menghitung Skala Pada Peta Melalui Metode Kelompok Terbimbing Dengan Media Gambar Siswa Kelas V SDN Suko 1 ?Kegiatan pembelajaran yang penulis sajikan meliputi kegiatan awal, kegiatan inti dan kerja kelompok, serta kegiatan akhir.Penelitian ini merupakan perbaikan dari suatu pembelajaran.Perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi.Data utama yang dikumpulkan adalah data yang berupa pengamatan aktivitas siswa dan guru serta hasil dari ulangan siswa. Berdasarkan kesimpulan di atas bahwa penggunaan metode kelompok terbimbing dengan media gambar berdampak pada peningkatan kemampuan menghitung skala pada peta, sehingga dengan adanya metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu di dalam setiap proses kegiatan belajar mengajar berlangsung hendaknya guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Membandingkan, Skala pada peta, media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 12:13
Last Modified: 09 May 2018 12:28
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3170

Actions (login required)

View Item View Item