PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA IPA KELAS IV SDN II KEPADANGAN

ghofur, maulidin (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA IPA KELAS IV SDN II KEPADANGAN. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
MAULIDIN_GHOFUR_(158620600087)_REVISI-FIX[4].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)

Abstract

Masalah yang melatar belakangi pada penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran yang berbasis computer. Kerena tidak semua daerah di Indonesia memiliki fasilitas pembelajaran yang berbasis computer. Sehingga pembelajaran terhambat oleh kurangnya saran adan prasarana tersebut. Pada rumusan masalah ini apakah penerapan Mind Mapping sebagai media dapat meningkatkan kretifitas belajar IPA pada siswa kelas IV SDN Kepadangan II Kabupaten Sidoarjo Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui kreatifitas guru dalam mengembangkan media, 2). Untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa, 3). Untuk meningkatkan kreativitas belajar siawa. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus, dimana setiap siklus melakukan tindakan pengamatan, perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Subyekdalam melakukan penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Kepadangan II yang berjumlah 30 siswa dan siswi. Data penilalian dari penelitian ini didapat melalui penilaian posttest, dengan ranah media pendukung yaitu lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data hasil belajar siswa setelah melakukan tindakan siklus 1 dapat mengetahui bahwa nilai rata-rata adalah 53,80 dengan terselesaikannya belajar klasikal mencapai 11,8%. Setelah tindakan siklus 2 niali rata-rata 72,35 dengan ketuntasan belajar klasikal 28,93%. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus 3 89,70 dengan ketuntasan belajar klasikal 45,8%. Pada hasil analisis pada aktivitas siswa dan krativitas siswa pada tindakan 1 diperoleh hasil 60% dengan criteria yang cukup. Aktivitas siswa pada siklus 2 mencapai 73% dengan criteria yang baik, sedangkan pada siklus 3 tercapai 87% dengan criteria yang sangat amat baik. KataKunci: Mind Mapping mapel ipa,

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping mapel ipa,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 10:56
Last Modified: 09 May 2018 11:05
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3169

Actions (login required)

View Item View Item