OPTIMALISASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA

Asmodiwati, Septi Andina (2018) OPTIMALISASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATA PELAJARAN IPA. PTK B1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
10. Septi Andina Asmodiwati. (158620600054).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada kelas V SDN Modong Kecamatan Tulangan Sidoarjo yaitu : 1. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran belum optimal, 2. Motivasi belajar siswa masih sangat rendah, 3. Guru masih sering menggunakan metode ceramah. 4. Dalam pembelajaran perlu adanya pengelolaan yang optimal melalui penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Dari permasalahan tersebut diterapkan metode eksperimen pada pelajaran IPA dimana siswa lebih berperan aktif dan memperoleh pengalaman langsung terhadap materi yang terkait. Peran guru sebagai fasilitator menjadika pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru saja, tetapi siswa juga terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga menyebabkan timbulnya motivasi belajar siswa tinggi. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, akan dapat menerap dan memahami tentang materi yang disampaikan guru, dan juga akan berpengaruh terhadap hasil dan pencapaian belajar siswa. Penelitian ini meggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis & McTanggart. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus. Komponen yang diguanakan pada penelitian ini yaitu ada perencanaan(planning), tindakan(acting), pengamatan(observing), refleksi(reflecting). Skala untuk mengukur motivasi belajar siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan instrument lembar observasi. Hasil penelitian terlihat bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang semula pada siklus I yakni skala motivasi belajar siswa diperoleh kategori baik 55% dan selajutnya terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 87%. Diharapkan guru jangan ragu untuk menggunakan metode pembelajaran. Bagi guru SDN Modong diharapkan pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen dengan optimal, para guru juga hendaknya meningkatkan pembeajaran dengan menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA khususnya. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Metode Eksperimen, IPA

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi Siswa, Metode Eksperimen, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 10:25
Last Modified: 09 May 2018 10:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item