PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN KELAS 2 SDN SUKOREJO

Khasanah, Ari Uswatun (2018) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN KELAS 2 SDN SUKOREJO. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Ari uswatun KH_158620600194.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan selama ini peserta didik kurang tertarik dengan pelajaran matematika karena di anggap sebagai pelajaran yang sulit dan susah berhitung sehingga menyebabkan peserta didik mudah menyerah dan bosan. Beradasarkan peneliti wawancara dengan guru wali kelas bahwa siswa kelas 2 ini belum mampu berhitung perkalian dengan cara cepat. Kebanyakan siswa masih masih dengan cara menghafal disitulah pada saat mengerjakan soal siswa merasa kesulitan. Oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dasar maka akan menerapkan dengan metode jarimatika. Dimana jarimatika ini sangat simpel digunakan karena menggunakan jari-jari tangan dan mudah disimpan.Dalam teknik pengumpulan data ini adalah wawancara dan observasi.Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa 35 siswa kelas 2 SDN Sukorejo. Pada siklus pertama dari 35 siswa hanya 20 siswa yang bisa mengerjakan soal berhitung perkalian dengan cepat dan 15 anak lainya belum bisa mengerjakan soal berhitung perkalian dengan cepat. Pada siklus 2 siswa mengalami kenaikan pada tingkat berhitung perkalian dengan cepat. Dari 35 siswa 30 siswa dapat berhitung perkalian dengan cepat dan 5 belum bisa berhitung perkalian dengan cepat. Dapat dsimpulkan bahwa penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dasar pada siswa kelas 2 SDN Sukorejo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kemampuan berhitung , metode jarimatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 11:52
Last Modified: 09 May 2018 11:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3164

Actions (login required)

View Item View Item