MELALUI PEMBELAJARAN IPS ANAK KELAS III SD DENGAN KONSEP TUT WURI HANDAYANI PENINGKATAN NILAI NASIONALISME

Sahaja, Risa (2018) MELALUI PEMBELAJARAN IPS ANAK KELAS III SD DENGAN KONSEP TUT WURI HANDAYANI PENINGKATAN NILAI NASIONALISME. PTK 2018 BI PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
2. RISA SAHAJA 158620600002.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan nilai nasionalisme melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada anak kelas III Sekolah Dasar Negeri Beji IV tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan konsep Tut Wuri Handayani. Jika pemahaman konsep pembelajaran IPS meningkat maka hasil belajar IPS juga meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Beji IV yang beralamatkan di Jl. Rodowo No.02 Beji Kabupaten Pasuruan-Jawa Timur Penelitian ini dilakukan pada bulan maret sampai bulan april 2018. Jenis penelitian peneliti merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dari kedua siklus masing-masing siklus melalui 4 tahapan antara lain: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Obyek penelitian Nilai Nasionalisme menggunakan pembelajaran IPS dengan penerapan konsep Tut Wuri Handayani. Subjek penelitiam adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri Beji IV Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data peneliti adalah kepala sekolah dan dewan guru di SD Negeri Beji IV dengan mengambil data pada saat observasi di SDN Beji IV dari kata dan tindakan dewan guru. Peneliti mengumpulkan data dengan cara pengamatan, wawancara, serta menggunakan dokumen dan dokumentasi selama kegiatan penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, Tut Wuri Handayani adalah menerapkan sistem among. Sistem among tersebut yaitu menerapkan pendidikan sebagai sistem menuntun anak didik (ngemong), seperti hubungan orangtua dan anak saat dalam keluarga. Mendidik siswa di Sekolah Dasar dengan penerapan konsep Tut Wuri Handayani adalah memberikan sustu kemandirian pada anak didik agar mereka dapat menciptakan garis hidup atau nasibnya sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai Nasionalisme, Tut Wuri Handayani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 11:41
Last Modified: 09 May 2018 11:41
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item