MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGABAN

Qonita, Rizka (2018) MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DENGAN PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH NGABAN. PTK 2018 B1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
8. Rizka Qonita 158620600049.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningktakan karakter disiplin siswa kelas III dalam pembelajaran PKn di SD Muhammadiyah Ngaban. Jumlah siswa kelas III terdapat 31 siswa yang terdiri atas 17 siswa dan 14 siswi. Penelitian dilaksakan menggunakan tahapan- tahapan yang ada dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Model Penelitian tindakan Kelas (PTK) yang digunakan ialah model Kemmis-Mc. Taggrat yang terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus dilaksanakan 1 pertemuan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Terdapat peningkatan kedisiplinan pada siswa kelas III SD Muhammadiyah Ngaban dalam pembelajaran PKn setelah dilakukan tindakan pemberian reward dan punishmenmt. Hal itu dibuktikan dengan rata-rata kedisiplinan yang dihasilkan, pada siklus 1 72,58%. Dan mengalami peningkatan pada siklus 2 yaitu 90,73%. Hasil observasi tersebut sudah dianggap mencapai keberhasilan sesuai dengan yang telah ditentukan pada indikator oleh peneliti

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Punishment,Disiplin, Reward, Pembelajaran PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 10:16
Last Modified: 09 May 2018 10:16
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3161

Actions (login required)

View Item View Item