PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 2 KETAJEN

Wulandari, Senja Fitria (2018) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN 2 KETAJEN. PTK 2018 B2 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Senja Fitria Wulandari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN 2 Ketajen. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Masalah dalam kelas teridentifikasi setelah dilakukan observasi pada pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Keterampilan berbicara yang ditunjukkan siswa kelas III sangat kurang dari kriteria ketuntasan minimum belajar yang ada. Peneliti bersama guru menyimpulkan bahwa diperlukan suatu tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Dipilihlah upaya penerapan metode demonstrasi kepada kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Guru sebagai fasilitator, bertugas membangkitkan minat siswa dengan mencontohkan kegiatan demonstrasi lebih dulu, kemudian siswa diminta untuk melakukannya dengan menirukan disertai pengembangannya sendiri. Subyek penelitian adalah 25 siswa Sekolah Dasar kelas III SDN 2 Ketajen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumen, dan tes. Hasil dari penerapan metode demonstrasi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yaitu pada kategori kurang yang sebelumnya sebesar 76% mengalami pengurangan menjadi 44%, kemampuan berbicara kategori rata-rata semula 24% meningkat setelah dilakukan tindakan metode demonstrasi menjadi sebesar 48%, pada kategori cukup, cukup baik dan baik pada awalnya tidak dapat dicapai oleh siswa, akhirnya mampu terisi dikategori cukup dengan presentase 8%. Hal ini menunjukkan metode demonstrasi mempu meningkatkan keterampilan berbicara siswa SD

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi, keterampilan berbicara, bahasa dan sastra Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 May 2018 12:38
Last Modified: 09 May 2018 12:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item