Rahayuningrum, Retno PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA. PTK A1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Retno Rahayuningrum.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berpikir kritis untuk meningkatkan rasa percaya diri pada materi pengolahan data, lebih tepatnya pada materi diagram. Kebanyakan siswa kurang akan pembelajaran serta rasa percaya dirinya yang sangat rendah. Pembelajaran berpikir kritis ini dapat diartikan sebagai salah satu pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Pada siklus I presentase ketuntasan dalam berpikir kritis dan peningkatan rasa percaya diri sebesar 25%, ini masih belum dikatakan tuntas, dikarenakan belum memenuhi standart ketuntasan yakni 80%. Siklus II ini ditujukan karena belum tuntasnya pembelajaran pada siklus I dimana pada siklus II ini terjadi peningkatan dari 25% menjadi 97%, peningkataan yang sangat banyak. Penerapan pembelajaran berpikir kritis ini dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan baik. Salah satunya dengan menerapkan pembelajaran berpikir kreatif dimana selain dapat mengembangkan pengetahuan siswa juga dapat digunakan sebagai cara untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Apabila dari pembelajaran yang dikemas semenarik mungkin, maka siswa akan merasa senang dan belajar tanpa ada beban.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berpikir Kritis, Rasa Percaya Diri, Materi Pengolahan Data |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 08:28 |
Last Modified: | 04 May 2018 08:35 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3155 |
Actions (login required)
View Item |