PENGGUNAAN MODEL DISKUSI BUZZ GRUP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN URANG AGUNG SIDOARJO

Fitria, Lailatul PENGGUNAAN MODEL DISKUSI BUZZ GRUP MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN URANG AGUNG SIDOARJO. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
LAILATUL FITRIA_18260600052.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)

Abstract

Pendidikan merupakan tuntunan segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat mendapat keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya (TIM MKDK, 1990). Tujuan penelitian ini sebenarnya untuk mengetahui penggunaan model buzz grup dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi bagian-bagian akar tumbuhan dengan cara diskusi per kelompok dan saling bertukar pikiran. Metode penelitian dengan menggunakan beberapa metodologi yang pertama sumber data. Teknik pengumpulan data, analisis, prosedur penelitian. Penelitian tindakan kelas ini rancangannya akan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah diantaranya adalah pertama Perencanaan Tindakan, kedua Pelaksanaan Tindakan, Ketiga Observasi, keempat Evaluasi. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo yang berjumlah 28 anak. Sedangkan obyeknya yaitu penggunaan model diskusi buzz grup untuk mata pelajaran IPApada materi bagian-bagian akar pada tumbuhan. Pengumpulan data dimulai dari observasi yang dilakukan oleh peneliti selama proses penelitian berlangsung, kemudian melakukan wawancara pada saat selesai pembelajaran, dan mengumpulkan dokumen berupa LKS, lembar pengamatan,dan daftar nilai, dan tes yang dibuat oleh peneliti untuk menguji hasil belajar siswa kelas IV di SDN Urang Agung Sidoarjo. Sedangkan di dalamnya memuat analisis datanya menggunakan model interaktif yang di dalamnya memuat tiga komponen yaitu sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, buzz grup, prosedur penelitian, hasil belajar, peningkatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 08:09
Last Modified: 04 May 2018 08:09
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item