UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS III SDN CARAT GEMPOL

Arifia, Vivi UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS III SDN CARAT GEMPOL. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
156_Sayidatul_Arifia[1].pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan minat baca siswa dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme di kelas III SDN Carat II Gempol. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus . pada teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan,observasi dan angket siswa. Pada hasil penelitian pertama diperoleh rata-rata minat baca siswa yakni 51,6% ,kemudian pada siklus yang pertama meningkat menjadi 69% dan pada siklus kedua minat baca siswa semakin meningkat dan memenuhi kriteria yakni 78%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontruktivisme kepada siswa SD dapat meningkatkan kemampuan minat baca mereka di kelas III. Hal tersebut ditunjukkan dengan semakin meningkatnya pemahaman siswa tentang pentingnya membaca dan dapat mengembangkan keterampilan berbahasa mereka melalui membaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca, Pendekatan kontruktivisme Membaca, Pendekatan kontruktivisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 05:38
Last Modified: 04 May 2018 07:46
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3150

Actions (login required)

View Item View Item