MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN MEDIA KERTAS KARTON BERPETAK

Sari, Novi MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI JARING-JARING BANGUN RUANG DENGAN MEDIA KERTAS KARTON BERPETAK. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
128 Dwi Novitasari----.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 2 pada mata pelajaran Matematika dengan materi jaring-jaring bangun ruang menggunakan media kertas karton berpetak. Pada penelitian ini penelitin mengambil dari 2 subyek yaitu guru dan siswa kelas V SDN sumbersari 2. Pada penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian dari Kemmis dan Tagart (1990) yang memiliki komponen penelitian tindakan kelas sebagai berikut: (1) Perencanaan (planing), (2) Tindakan (action), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif kulitatif yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kertas karton berpetak dapat meningkatkan hasil belajar yang bisa dilihat dari nilai rata-rata pada prasiklus adalah 61.70 atau termasuk pada kriteria rendah. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 71,75 atau termasuk kriteria cukup. Dan pada siklus yang kedua hasil nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan yang lebih tinggi presentasinya yaitu 84,18 yang termasuk kriteria baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Media kertas karton berpetak Hasil belajar, Media kertas karton berpetak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 04:58
Last Modified: 04 May 2018 07:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item