PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDI WAHID HASYIM SIDOARJO

Sa'diyah, Devita PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDI WAHID HASYIM SIDOARJO. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Devita sa'diyah_158620600016 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (182kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS adalah kurangnya minat membaca.Akibatnya akan berpengaruh terhadap kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurangnya memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menggunakan penerapan strategi belajar PQ4R untuk meningkatkan minat membaca siswa pembelajaran IPS kelas IV SDI Wahid Hasyim Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan langkah perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Lokasi penelitian di SDI Wahid Hasyim Sidoarjo. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDI Wahid Hasyim Sidoarjoyang berjumlah 25 siswa dengan rincian 10 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil penelitian yang didapat pada siklus 1 mengalami peningkatan minat membaca sekitar 56% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan yang cukup baik sekitar 86%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi PQ4R berdampak positif untuk meningkatkan minat membaca siswa pembelajaran IPS Kelas IV SDI Wahid Hasim Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi PQ4R, Minat membaca, Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:42
Last Modified: 04 May 2018 06:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3137

Actions (login required)

View Item View Item