PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Munawaroh, Junaidatul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. PTK A1 FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
JUNAIDATUL MUNAWAROH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (134kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir siswa sekolah dasar dalam pembelajaran materi daur air dan peristiwa alam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dan menerapkan model Kurt Lewin dengan 4 komponen: (1) perencanaan (Planning), dengan melakukan perencanaan mempersiapkan pembelajaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) tindakan (acting), setelah mengetahui kebutuhan peserta didik dengan melakukan perencanaan pembelajaran maka perlu adanya tindakan untuk memberi solusi terhadap kebutuhan peserta didik, (3) pengamatan (observing) setelah adanya tindakan untuk menyelesaikan kebutuhan siswa maka perlu untuk di observasi kembali sejauh mana siswa dapat meningkatkan daya berfikir kritisnya khususnya dalam materi daur air dan peristiwa alam, (4) refleksi (reflecting), setelah melakukan serangkaian perencanaan, tindakan, dan observasi kemudian diadakanya refleksi untuk melihat kembali sejauh mana peningkatan daya berfikir kritis peserta didik sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Jati Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik analisis kuantitatif di dapat dari data siswa sedangkan analisis kualitatif diperoleh dari hasil wawancara bersama guru kelas 5 SDN Jati Sdoarjo. Langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah dimulai dengan guru memberikan masalah atau siswa mencari masalah sendiri yang ada di sekitar. Siswa berdiskusi dengan kelompoknya untuk menenmukan solusi dari masalah yang akan di selesaikanya dengan bantuan guru. Siswa mempresentasikan hasil diskusi penyelesaian masalah di depan kelas kemudian saling bertukar pikiran dan berdiskusi dngan kelompok lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, PBL (Problem Based Learning), berfikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 08:49
Last Modified: 04 May 2018 08:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3128

Actions (login required)

View Item View Item