MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SDI MAARIF KEJAPANAN

Wirianti, Resanggi Ella Yunia MENINGKATKAN KUALITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS VI SDI MAARIF KEJAPANAN. PTK A1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Resanggi Ella Yunia Wirianti_158620600059 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)

Abstract

Salah satu masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDI Maarif Kejapanan adalah banyak siswa yang meremehkan pelajaran Bahasa Indonesia.Mereka beranggapan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia itu mudah,terbukti dengan aktivitas siswa pada saat pembelajaran tidak menghiraukan gurunya saat menjelaskan. Masalah tersebut bermuara pada rendahnya kualitas dan hasil belajar siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut dicarikan solusi yang tepat yaitu dengan menerapkan model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran STAD terhadap kualitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDI Maarif Kejapanan.Meningkatkan kualitas dan hasil belajar dianalisis menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yaitu siklus perencanaan,Tindakan,observasi dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kualitas dan hasil belar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas dan Hasil Belajar,Bahasa Indonesia,Model pembelajaran STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:14
Last Modified: 04 May 2018 08:29
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item