Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1), 125-142. Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1(2), 159-170. Amir, M. F. & Wardana, M. K. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives. 2(1): 117-128 Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press. Sari, T. S & Kriastiani & Wardani, D.K. (2015). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Munawaroh, Junaidatul Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4(1), 125-142. Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara. 1(2), 159-170. Amir, M. F. & Wardana, M. K. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives. 2(1): 117-128 Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Dasar Bidang Pendidikan. Sidoarjo: UMSIDA Press. Sari, T. S & Kriastiani & Wardani, D.K. (2015). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekonomi di SMA Negeri 3 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sebelas Maret Surakarta. PTK A1 2018 FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Junaidatul Munawaroh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat berpikir siswa sekolah dasar dalam pembelajaran materi daur air dan peristiwa alam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dan menerapkan model Kurt Lewin dengan 4 komponen: (1) perencanaan (Planning), dengan melakukan perencanaan mempersiapkan pembelajaran penerapan model pembelajaran berbasis masalah, (2) tindakan (acting), setelah mengetahui kebutuhan peserta didik dengan melakukan perencanaan pembelajaran maka perlu adanya tindakan untuk memberi solusi terhadap kebutuhan peserta didik, (3) pengamatan (observing) setelah adanya tindakan untuk menyelesaikan kebutuhan siswa maka perlu untuk di observasi kembali sejauh mana siswa dapat meningkatkan daya berfikir kritisnya khususnya dalam materi daur air dan peristiwa alam, (4) refleksi (reflecting), setelah melakukan serangkaian perencanaan, tindakan, dan observasi kemudian diadakanya refleksi untuk melihat kembali sejauh mana peningkatan daya berfikir kritis peserta didik sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Jati Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik analisis kuantitatif di dapat dari data siswa sedangkan analisis kualitatif diperoleh dari hasil wawancara bersama guru kelas 5 SDN Jati Sdoarjo

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, PBL (Problem Based Learning), berfikir kritis,
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:47
Last Modified: 21 Feb 2019 06:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3123

Actions (login required)

View Item View Item