PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN SIDOKARE 1 SIDOARJO

Safitri, Novia Eka PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN SIDOKARE 1 SIDOARJO. PTK A1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Novia eka safitri_158620600015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi berkembangnya potensi siswa adalah motivasi belajar. Dengan adanya motivasi belajar siswa akan tekun dan semangat dalam mencapai tujuan belajarnya. Suatu masalah yang sering dijumpai pada kelas yaitu siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran karena kurangnya motivasi belajar. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian model PTK yang dikembangkan oleh Kemmis&McTaggart yang menggunakan 2 siklus. Dalam penelitian ini dapat diperoleh data berupa hasil wawancara, observasi, aktivitas guru, dan siswa dalam penerapan model Make a Match pada materi ruang-ruang dalam rumah. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes.. Peneliti menggunakan alat lembar observasi dan soal uraian untuk alat pengumpilan data. Hasil penelitian yang didapat pada siklus I Aktivitas, minat, dan interaksi siswa cukup baik tetapi sebagian siswa masih belum bisa menjawab soal esay dengan benar. Siklus II peneliti melakukan perencanaan ulang dan melakukan pengamatan tindakan. Hasil dari Siklus II lebih baik dari Siklus II, Aktivitas, minat, dan interaksi siswa meningkat. Hal itu dapat dilihat sebagian besar siswa dapat menjawab soal esay dengan benar. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Model Make a Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:06
Last Modified: 04 May 2018 03:28
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item