PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT PADA KELAS IV MI ASSASUL MUTTAQIN

Hidayati, Chusnul PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS TENTANG MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT PADA KELAS IV MI ASSASUL MUTTAQIN. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
CHUSNUL HIDAYATI_158620600046.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (167kB)

Abstract

Salah satu masalah pada proses pembelajaran di kelas IV MI Assasul Muttaqin adalah rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Masalah yang terjadi di kelas IV MI Assasul Muttaqin adalah (1) kurangnya fasilitator yang dapat menghantarkan siswa kedalam proses berfikir kritis; (2) minat dan semangat belajar siswa rendah pada mata pelajaran tertentu; (3) interaksi antara guru dengan siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan semangat belajar siswa. (2) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam merangkai kata. (3) Mendeskripsikan peningkatan berfikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan: Tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun rincian teknik analisis data yaitu dengan observasi terhadap kegiatan guru dalam proses pembelajaran, dan analisis terhadap kegiatan siswa saat proses pembelajaran. Secara keseluruhan penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Yang masing-masing siklus dilakukan dalam 1 pertemuan. Berdasarkan hasis penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Melalui penerapan model berbasis masalah dalam pembelajaran materi permasalahan sosial di lingkungan setempat dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dan dapat menumbuhkan semangat siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:03
Last Modified: 04 May 2018 07:09
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3120

Actions (login required)

View Item View Item