PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELAS III SDN URANG AGUNG

Suryani, Irma Diah PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH POLYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA KELAS III SDN URANG AGUNG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
IRMA DIAH SURYANI_158620600048.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Polya guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam Matematika siswa kelas III B SDN Urang Agung Sidoarjo, (2) Penerapan pembelajaran model Polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran Matematika siswa kelas III B SDN Urang Agung Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III B SDN Urang Agung sebanyak dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah: lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkanbahwa pendekatan pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita kelas III B SDN Urang Agung dilakukan dengan langkah-langkah: (1) mengorientasikan siswa terhadap masalah, (2) mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) membimbing dalam pemecahan masalah dengan menggunakan langkah-langkah memahami masalah, menentukan strategi penyelesaian, melaksanakan strategi penyelesaian, dan memeriksa atau melihat kembali proses penyelesaian masalah, (4) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dengan bukti dari rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat pada pratindakan 60,9 (rendah) dan pada siklus I rata-rata siswa meningkat menjadi 70,7 (cukup baik). Pada siklus ke II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 88,3 (baik).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model polya, pemecahan masalah, soal cerita, matematika SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 03:01
Last Modified: 04 May 2018 03:01
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item