Ramadayanti, Dinda Putri PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SD NEGERI PAMOTAN II PORONG. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
DINDA PUTRI RAMADAYANTI_158620600017.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Pamotan II Porong dengan penerapan model pembelajaran Cooperative tipe TPS (Think Pair Share) siswa kelas IV SDN Pamotan II Porong. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus penelitian. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas IV. Siswa kelas IV SDN Pamotan II Porong yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan yakni menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah dalam model Cooperative tipe Think Pair Share yaitu dalam menyampaikan materi harus dirubah yakni sebuah permasalahan yang dianalisis oleh siswa (Think), dalam membentuk beberapa kelompok berdasarkan prestasinya, siswa berpasangan untuk berdiskusi (Pair), perwakilan kelompok siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas (Share). Kemampuan berpikir kritis adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa sebagai bekal dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative tipe Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 03:16 |
Last Modified: | 04 May 2018 03:16 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3111 |
Actions (login required)
View Item |