PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDI MA’ARIF KEJAPANAN GEMPOL PASURUAN

Shobihah, Khusnus PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MENGENAI SISTEM TATA SURYA PADA SISWA KELAS VI SDI MA’ARIF KEJAPANAN GEMPOL PASURUAN. PTK A1 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Khusnus Shobihah_158620600025.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (317kB)

Abstract

Pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih adanya siswa yang mengalami kesukaran dalam memahami suatu bahan ajar terutama pada materi sistem tata surya. Tata surya merupakan benda-benda antariksa dan matahari yang mengedarinya. Hal ini terjadi dikarenakan siswa kurang minat dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sehingga tidak tercapainya hasil belajar dengan maksimal. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Lokasi penelitian ini adalah di kelas VI SD Islam Ma’arif Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, dengan jumlah siswa 44 orang. Penelitian ini dilaksanakan secara bertahap, diantaranya siklus pertama dan siklus kedua. Penggunaan media pembelajaran siswa mudah menangkap atau menerima pengetahuan dengan cepat sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi sistem tata surya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Pemahaman, Sistem Tata Surya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:50
Last Modified: 04 May 2018 02:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3108

Actions (login required)

View Item View Item