PENERAPAN PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PERISTIWA KEMERDEKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V

Amaliyah, Rizka laili PENERAPAN PENGAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR PERISTIWA KEMERDEKAAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Rizka Laili Amaliyah_158620600057 fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)

Abstract

Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri Porong khususnya dalam materi kemerdekaan Indonesia, siswa kesulitan dalam memahami dan mengingat tentang materi peristiwa kemerdekaan. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam pemahaman siswa terkait materi peristiwa kemerdekaan, upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan pengajaran dengan menggunakan media pembelajaran miniatur peristiwa kemmerdekaan indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas V SD Negeri porong dalam materi kemerdekaan dengan menggunakan media miniatur peristiwa kemerdekaan. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri porong yang berjumlah 35 anak, seorang guru kelas. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pengajaran media miniatur kemerdekaan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas V SD Negeri Porong. Peningkatan tersebut ditandai dengan (1) berkurangnya ketidakpahaman siswa tentang periswtiwa kemerdekaan; (2) meningkatnya minat siswa pada pembelajaran IPS; (3) meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, pemahaman, peristiwa kemerdekaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:42
Last Modified: 04 May 2018 08:06
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3102

Actions (login required)

View Item View Item