PENERAPAN PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V MI ASSASUL MUTTAQIN

Khasanah, Amrul PENERAPAN PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V MI ASSASUL MUTTAQIN. PTK A1 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
AMRUL KHASANAH_158620600042.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB)

Abstract

Permasalahan yang paling mendasar yang dihadapi siswa kelas V MI Assasul Muttaqin ada beberapa siswa tidak mau berbicara di depan kelas. Denagan berbagai alasan diantaranya malu karena dilihat temanya, takut salah, dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan model PTK Kemmis & Mc Taggart yang mengembangkan model PTK oleh Kurt Lewin yang memiliki komponen yakni Perencanaan (planning), Tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Pada saat pratindakan menunjukan ketuntasan mencapai 50%. Siklus 1 menunjukkan rata-rata nilai 73,5 dan ketuntasa mencapai 57% artinya kelas V MI Assasul Muttaqin termasuk dalam keterampilan berbicara dalam kriteria cukup. siklus 2 menunjukkan rata-rata nilai 75,5 dan ketuntasa mencapai 71% yang artinya kelas V MI Assasul Muttaqin keterampialn berbicara masuk kriteria baik. Strategi PQ4R berhasil meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V MI Assasul Muttaqin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Strategi PQ4R
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:42
Last Modified: 04 May 2018 02:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item