PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE

Hariyati, Wahyuni PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
136 Wahyuni Hariyati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri peserta didik melalui model active learning dengan strategi everyone is a teacher here terhadap mata pelajaran matematika di kelas IV B SDN Sidokumpul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Disini peneliti menggunakan 2 (dua) siklus karena pada siklus I jumlah prosentase percaya diri peserta didik masih mencapai Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I jumlah prosentase percaya diri 23% dan pada siklus II jumlah prosentase percaya diri 41%. Peneliti membatasi penelitian sampai pada siklus II dikarenakan dari setiap aspek kemandirian sudah mencapai skor rata-rata ≥ 3. Untuk mencapai kriteria yang baik maka diperlukan waktu yang lama karena terbatasnya waktu penelitian, faktor tingkat kemampuan peserta didik kelas IV SDN Sidokumpul yang dibawah rata-rata dilihat dari nilai rata-rata UAS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Everyone is a Teacher Here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 21 Feb 2019 06:47
Last Modified: 21 Feb 2019 06:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item View Item