OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM K13

Aini, Yusfi OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM K13. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
130 Yusfi Nur Aini----.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV di SDN Sumbersari II. Kurangnya guru dalam mengoptimalisasikan pembelajaran K13 akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, guru berupaya sebaik mungkin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan berbagai metode dan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I diperoleh ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 60,0%. Pada siklus II diperoleh ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 77,8%. Peningkatan persentase ketuntasan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 17,8%. Dengan demikian penerapan model PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada K13.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:10
Last Modified: 04 May 2018 07:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3070

Actions (login required)

View Item View Item