PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DALAM MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SIDOKLUMPUK

Fitria, Lailatul PENERAPAN MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DALAM MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD SIDOKLUMPUK. PTK A3 PGSD FKIP Univeritas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
124-Lailatul Fitria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving dalam bentuk soal cerita pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Model-Eliciting Activities (MEAs). Identifikasi Problem Solving didasarkan empat tahapan, yakni memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Sidoklumpuk Sidoarjo. Instrument dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, angket minat belajar siswa, LKS Problem Solving dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan simpulan. Pendektan Model-Eliciting Activities (MEAs) mendukung peningkatan kemampuan Problem Solving dengan didasarkan dengan prinsip-prinsip pengembangannya. Prinsip pengembangan tersebut terdiri dari, The personal meaningfulness principle (Prinsip Realists), The model construction principle (Prinsip Konstruksi Model), The self-evaluation principle (Prinsip Penilaian diri), The model documentation principle (Prinsip Dokumntasi Model), The simple prototype principle (Prinsip Proto type sederhana), dan The model generalisation principle (Prinsip Konstruksi kemampuan untuk dipakai bersama dan digunakan kembali). Prinsip-prinsip ini mengarah pada tahap-tahap Problem Solving. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model PTK 1 Menururt Kemis & Mc Taggart. Empat tahapan tersebut terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk materi Geometri, dengan sub materi Mengidentifikasi Benda-benda dan Bangun Datar Simetris.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model-Eliciting Activities (MEAs), Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:06
Last Modified: 04 May 2018 07:56
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3061

Actions (login required)

View Item View Item