PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS IV

Saniyah, Nia PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SMALL GROUP DISCUSSION PADA SISWA KELAS IV. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
150. Sayidatus Saniyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran small group discussion dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan menghitung perkalian khususnya dalam materi matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus ada 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian adalah 1) adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 52,7 , kemudian pada tes siklus pertama 78,6 , dan menjadi 85,9 pada siklus kedua. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model diskusi (small group discussion) dapat meningkatkan kemampuan menghitung perkalian siswa dalam proses belajar matematika pada kelas IV SD. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan menghitung perkalian dalam materi matematika dan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa di tiap siklusnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Small Group Discussion, Perkalian, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:02
Last Modified: 04 May 2018 04:18
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3060

Actions (login required)

View Item View Item