IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B

Harwati, Harwati IMPLEMENTASI MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV B. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
12345.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (133kB)

Abstract

Latar belakang masalah merujuk pada kendala pada pembelajaran IPS di SD, ketelitian dalam berfikir dan mengerjakan tugas atau soal harus sudah dilatih sejak dini agar siswa mampu berfikir secara teliti serta menghasilkan hasil belajar yang baik.rendahnya tingkat ketelitian siswa dikarenakan siswa kurang membaca dengan cermat materi yang terdapat didalam buku ataupun materi yang telah disampaikan oleh guru. Dan hal ini juga diakibatkan oleh kondisi pembelajaran yang hanya cenderung menggunakan metode ceramah saja. Model pembelajaran yang baik tentu harus disesuiaikan dengan materi pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk meningkatkan ketelitian dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sidolumpuk. (2) Untuk meningkatkan kemampuan belajar IPS siswa kelas IV di SDN Sidoklumpuk. (3). Untuk meningkatkan kreatifitas guru dalam memilih model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK. Pada kegiatan ini peneliti menggunakan 2 siklus. Dimana teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu berupa (1) tes, (2) observasi (3) dokumentasi. Hasil belajar siklus I diperoleh ketuntasan klasikal yaitu 81,8%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sebanyak 100%. Peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari seiklus I ke siklus II 18,2%. Dengan demikian penerapan model PBL dapat meningkatkan ketelitian dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Sidoklumpuk Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Teliti, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:06
Last Modified: 04 May 2018 07:29
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3051

Actions (login required)

View Item View Item