Meningkatkan Literasi Sains di SDN Sidokumpul dengan Metode Exsperimen.

Fitariya, Finna Meningkatkan Literasi Sains di SDN Sidokumpul dengan Metode Exsperimen. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
152 finna fitariya fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)

Abstract

Berdasarkan observasi untuk meningkatkan pembelajaran IPA dengan metode pembelajaran eksperimen khususnya materi konsep struktur tumbuhan dan fungsinya, siswa kelas IV B SDN Sidokumpol Sidoarjo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dimana subjek penelitian di sini adalah siswa kelas IV B SDN Sidokumpul Sidoarjo. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan guru SD untuk dapat menentukan metode pembelajaran yang cocok dalam melakukan pembelajaran IPA khususnya materi struktur tumbuhan dan fungsinya di SDN Sidokumpul Sidoarjo.penelitian tindakan kelas ini di lakukan sebanyak dua siklus. Metode eksperimen ini di fokuskan pada mata pembelajaran IPA materi tentang struktur tumbuhan dan fungsinya pada kelas IV B SDN Sidokumpul . Hasil pemahaman siswa semester genap tahun 2017- 2018 hanya 8 siswa dari 16 siswa kelas IV B yang mencapai KKM, hanya 50% yang mencapai ketuntasan KKM. Hal tersebut dikarenakan karena kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi yang di pelajari,hal ini bisa di lihat dalam proses belajar mengajar, pada saat pembelajaran berlangsung.pada siswa mengikuti pembelajaran IPA siswa terlihat sangat tidak serius dan bersifat pasif, siswa lebih banyak mengobrol dan berjalan- jalan dari pada mendengarkan materi yang di sampaikan oleh guru. Sehingga pemahaman pembelajaran itu rendah, dapat di lihat dari nilai ulangan harian siswa kelas IV B SDN Sidokumpol . Dengan menggunakan metode pembelajaran eksperimen nilai rata- rata siswa meningkat meningkat. sehingga metode eksperimen dapat di gunakan dalam pembelajaran IPA khususnya dalam materi struktur pertumbuhan dan fungsinya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan kemampuan siswa berfikir ilmian 2) siswa dapat menemukan pengalamandan keterampilan dalam menggunakan alat- alat percobaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: literasi sains , metode eksperimen.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:07
Last Modified: 04 May 2018 05:33
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3048

Actions (login required)

View Item View Item