MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS III SD

Puspitasari, Kiky MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS III SD. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
134 Kiky Meritha Puspitasari 2.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampulan menulis karangan melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas III. Kesulitan menulis karangan masih dirasa sangat mengganggu pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterapilan menulis. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dimana subjek penelitian disini adalah siswa kelas III SDN Sidokumpul Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai menulis karangan pada siswa kelas III SDN Sidokumpul. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan guru SD untuk dapat menentukan pendekatan yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan menulis siswa pada materi menulis karangan. Penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua skilus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes menulis karangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan pada siswa kelas III SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 04:15
Last Modified: 04 May 2018 04:15
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3039

Actions (login required)

View Item View Item