PENERAPAN BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD

Izmi, Marirotul (2018) PENERAPAN BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
(REVISI) NEW MARIROTUL IZMI (158620600173).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media batang cuisenaire terhadap peningkatan pemahaman konsep penjumlahan pecahan pada siswa kelas IV SDN Jedong Cangkring Prambon Sidoarjo pada tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Metode tes digunakan untuk pengumpulan data tentang kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. Observasi digunakan untuk memperoleh data berupa kegiatan pembelajaran di dalam kelas serta interaksi antara guru dan siswa. Wawancara digunakan untuk mengetahui strategi yang diterapkan dalam pembelajaran.Hasil pembelajaran dengan menggunakan media batang Cuisenaire menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep penjumlahan pecahan. Hal ini diperoleh dari rata-rata pretest dan postest siswa yang kunjung meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media batang cuisenaire terhadap peningkatan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Batang Cuisenaire, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:55
Last Modified: 04 May 2018 01:55
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item