Mahmudah, Reni (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO TRAY UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR IPA KELAS V SD CANGKRING TURI. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
RENI MAHMUDAH-158620600232 .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (186kB) |
Abstract
Ipa merupakan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam, khususnya dibidang biologi memang sebaiknya siswa diajak untuk mengamati tentang lingkungan dan ekosistem disekitar tempat tinggal dan disekolah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dalam mengamati ekosistem buatan misalnya komponen rantai makanan yang akan disusun oleh siswa secara berururtan yang susai gamabar rantai makanan yang sudah dijelaskan oleh gurunya , sebelom melakukan observasi penelitian wawancara pada guru kelas V SD di Cangkring Turi Kecamatan Prambon, mengenai permasalahan atau kesulitan dalam siswa kelas V SD dalam mata pelajaran secara berkelompok untuk menjadikan siswa pasif dalam belajar dan kurang keterlibatan seorang anak SD cecara langsung dalam mata pelajaran kelompok akan mengakibatkan siswa kurang mampu memahami mata pelajaran yang sudah di sampaikan oleh gurunya. Dengan cara mengajar berkelompok siswa yang kurang efektif dapat menimbulkan ketergantungan seorang anak SD kepada temannya yang sudah mampu menguasai mata pelajaran dalam menyelesaikan tugas kelompok. Untuk mengatasi permasalahan ini, perlu dilakukan perbaikan dalam mata pelajaran dengan penerapkan model pembelajaran Two stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan siswa dan bekerjasama dalam belajar untuk mendapatkan kesempatan membagikan hasil kerjanya kepada kelompok lain, dan meningkatkan rasa tanggung jawab seorang anak SD terhadap tugas yang harus diselesaikan. Karena sudah penelitian untuk memberikan unsur-unsur dan gambaran kepada siswa kelas V SD demikian semua biasa mengurutkan rantai makanan dengan baik dan benar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model Two Stay Two Stray kualitas belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:09 |
Last Modified: | 04 May 2018 02:09 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3034 |
Actions (login required)
View Item |