insiyah, iin UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN METODE COOPERATIVE SECRIPT DI SDN GELAM 1. universitas muhammadiyah sidoarjo.
Text
125. Mufidatul Insiyah.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi dengan pembelajaran langsung di SDN Gelam 1 Sidoarjo kelas V dalam mata pelajaran IPS. Kesulitan belajar siswa harus di ajarkan dan di terapkan. Kesulitan belajar siswa di karenakan siswa kurang membaca dengan cermat materi yang terdapat di dalam buku ataupun materi yang di sampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe cooperative script. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes , dan dokumentasi. Peningkatan tersebut dapat di buktikan dengan hasil observasi belajar siswa di kelas, pada siklus 1 siswa yang tuntas belajar 4 dari 25 siswa atau persentase 20% dan daya serap 26,5 serta keaktifan siswa perlu di tingkatkan lagi. Pada siklus ke 2 siswa yang tuntas belajar 13 dari 25 siswa atau presentase 45% dan daya serap 45,5 serta keaktifan siswa juga meningkat baik. Dengan demikian Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode koopertif tipe cooperative script dapat mengatasi kesulitan belajar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model cooperative script, kesulitan belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 02:19 |
Last Modified: | 04 May 2018 07:47 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3031 |
Actions (login required)
View Item |