rismawati, diah PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KURIKULUM 2013. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
142 Diah Rismawati----.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (131kB) |
Abstract
Abstrak Salah satu masalah yang timbul pada pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar adalah rendahnya kemampuan berfikir kritis dan kreatif yang dialami oleh siswa. Masalah ini timbul pada siswa kelas 4 SDN Sumbersari II Gununggangsir, banyak siswa yang mengalami kesalahan konsep dan pemahaman materi. Dalam mengatasi kesulitan pemahaman konsep dan materi yang dialami oleh siswa, jalan keluarnya ialah menggunakan pembelajaran scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran scientific dapat meningkatkan hasil belajar pada kurikulum 2013? Penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui bahwa dengan menggunakan pembelajaran scientific, siswa dapat meningkatkan hasil belajar pada kurikulum 2013. Hal-hal tersebut dapat diketahui dengan meningkatnya pemahaman materi pada buku tematik kurikulum 2013 serta meningkatnya kemampuan berfikir kritis dan kreatif oleh siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pembelajaran saintifik, kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:55 |
Last Modified: | 04 May 2018 04:09 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3030 |
Actions (login required)
View Item |