MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS KELAS IV MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

mukaromah, ofi MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS KELAS IV MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Universita Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
223-Mustofiyatul.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V melalui penerapan Realistic Mathematics Education (RME). Karakteristik dari pembelajaran matematika realistik ialah pembelajaran yang mengacu pada aktivitas konstruksi, interaksi dan refleksi melalui pemberian masalah kontekstual kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Gelam 1 yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan di antaranya: lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, soal tes kemampuan berpikir kritis, lembar wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa rata-rata mencapai kriteria kritis. Selain itu, kegiatan guru dan siswa terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: realistic mathematics education; kemampuan berpikir kritis; siswa SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:06
Last Modified: 04 May 2018 07:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item