PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN

Handayani, Johan PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN. PTK A3 PGSD FKIP Universitas MUhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
151 Johan Dwi Puspita H.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)

Abstract

Belajar membaca dan menulis sudah dapat diawali sejak usia dini yaitu kesadaran literasi dan eksplorasi dengan lingkungan. Membaca dan menulis permulaan dapat dipelajari dengan berdiskusi dengan sesama teman. Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan pada kelas III SDN Gebang 1 Sidoarjo, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang efektif dan efisien dengan menggunakan model Think Talk Write. Metode yang digunakan yaitu metode diskusi. Ketuntasan belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siklus I mencapai 66,66% dan siklus II mencapai 86,66%. Peningkatan presentase dari siklus I sampai siklus 2 mencapai 20%. Model pembelajaran Think Talk Write membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:13
Last Modified: 04 May 2018 03:58
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3026

Actions (login required)

View Item View Item