PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI LINGKUNGAN FISIK IPA KELAS IV SD

Wahyudi, Farah PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI LINGKUNGAN FISIK IPA KELAS IV SD. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
157 Farah Diba Wahyudi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap materi lingkungan fisik (perubahan lingkungan) pada maat pelajaran IPA, dalam menyampaikan materi di kelas guru cenderung menggunakan model pembelajaarn yang monoton sehingga terkesan membosankan. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi lingkungan fisik (perubahan lingkungan) di SD. Metode penelitian yang digunakan ialah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidoklumpuk di Kelas IV-D. Hasil dari penelitian ini menujukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada siklus I 57,14%, siklus II 85,71%. Begitu juga dengan pemahaman peserta didik pada siklus I 79,80 siklus II 84,75%. Dengan demikian penerapan model Make a Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi lingkungan fisik (perubahan lingkungan).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Pemahaman Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:48
Last Modified: 04 May 2018 07:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3021

Actions (login required)

View Item View Item