Nabilah, Tsalitsatun (2018) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV. PTK 2018 A4 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
TSALITSATUN NABILAH (158620600216) REVISI FIX.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada kelas V SDN Sedagaran pada pelajaran IPA. Masalah yang terdapat pada penelitian ini adalah kurang efektifnya siswa dalam berlangsung nya proses belajar dikarenakan guru dalam mengajar kurang memotivasi siswa. metode yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah metode eksperimen. Metode eksperimen adalah metode yang mengarahkan peserta didik aktif dalam pembelajaran dan juga mengajarkan peserta didik dalam penemuan – penemuan konsep dalam bimbingan guru. Penelitian ini menggunakan model penelitian menurut kemmis & Mc taggaret.Dalam model tersebut terdapat 2 siklus dimana setiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, penelitian dan evaluasi. Dalam siklus tersebut terdapat peningkatan keberhasilan siswa yang awalnya rata – rata siswa pada siklus 1 67,65 setelah di lakukan nya metode eksperimen rata – rata siswa meningkat menjadi 83,7. Dalam uraian di atas dapat dikatan bahwa metode eksperiemn dapat di katakana berhasil karena dapat meningkatkan rata – rata siswa kelas V SDN Sedagaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode eksperimen, prestasi belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:37 |
Last Modified: | 04 May 2018 01:37 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3019 |
Actions (login required)
View Item |