PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD

Ambarwati, Rika Dwi (2018) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
RIKA DWI AMBARWATI (205) .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)

Abstract

Penelitin bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas II SDN TROMPOASRI I dengan Pendekatan Realitic Mathematic Education (RME). Jenis penelitian ini dalah penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart. Dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes . Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptip kuantitatif dan kaulitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jumlah prosentase peserta didik yang telah mencapai KKM sebesar 80%. Berdsarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Realistic Matehematic Education (RME) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik di Kelas II SDN TROMPOASRI I yang dibuktikan dengan pencapaian nilai KKM. Dengan meningkatnya prosentase pencapain nilai KKM peserta didik dimulai dari pra siklus sampai pada siklus II. Pada Pra Siklus prosentase pencapain nilai KKM sebanyak 4,2%. Pada siklus I prosentase pencapaian nilai KKM sebanyak 6,6%. Pada siklus II prosentase pencapaian nilai KKM sebanyak 8,4%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Realisstic Mathematics Education, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:39
Last Modified: 04 May 2018 01:39
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item