MENINGKATKAN BERPIKIR LOGIS MELALUI RME PADA SISWA KELAS III SDN GEBANG 1 SIDOARJO

Rahmawati, Dewi MENINGKATKAN BERPIKIR LOGIS MELALUI RME PADA SISWA KELAS III SDN GEBANG 1 SIDOARJO. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
139- DEWI AYU RAHMAWATI----.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), menumbuhkan kemampuan berpikir logis, pendekatan pembelajaran dengan mempelajari secara mendalam dapat mengetahui perbedaan dari peningkatan dalam kemampuan berpikir secara logis maupun sikap siswa kelas III terhadap mata pelajaran matematika dalam berlangsungnya proses pembelajarannya. Realistic Mathematic Education (RME) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan Pembelajaran Matematika Biasa (PMB) pada siswa kelas III SD. Identifikasi dalam sebuah proses berpikir didasarkan atas cara berpikir logis yang dibagi menjadi dua yaitu secara deduktif dan berpikir secara induktif. Subjek dari penelitian tindakan kelas ini yakni kelas III SD di SDN GEBANG 1 SIDOARJO yang terdiri dari 48 siswa dan memiliki gaya belajar berbeda pada setiap siswa. Instrumen Instrumen penelitian meliputi peneliti, meliputi pedoman wawancara, angket, lembar observer, serta tes berpikir logis. Dalam pembelajaran matematika, kemampuan yang dimiliki yakni kemampuan berpikir secara logis ini dinilai cukup baik dalam pengaplikasiannya dan akan ditingkatkan menjadi lebih baik dari sebelumnya yang didapat dari jawaban siswa berdasarkan analisis yang telah dilakukan. Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) ini mempunyai dampak yang baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir secara logis pada pembelajaran matematika. Pada kemampuan berpikir secara logis yang telah dilakukan di kelas III SDN GEBANG 1 SIDOARJO peningkatan dari keseluruhan dinilai sangat baik. Dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), siswa merasa tertarik, senang, serta lebih mudah dalam memahami pelajaran matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir logis, Realistic Mathematic Education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:54
Last Modified: 04 May 2018 04:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3007

Actions (login required)

View Item View Item