Fatmawati, Arum MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KARTU ARISAN MATA PELAJARAN IPS KELAS 3 SDN WADUNGASIH 2. PTK A3 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
141 Arum Fatmawati.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas III SDN Wadungasih 2 Buduran dengan menggunakan model pembelajaran kartu arisan. Instrument Penelitian menggunakan data dari lembar angket motivasi belajar siswa serta lembar observasi. Lembar angket dan lembar observasi diisi setiap kali selesai melakukan siklus. Kriteria keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini ada presentasi motivasi belajar siswa mencapai >75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kartu arisan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi tentang mengenal sejarah uang dan penggunaan uang sesuai kebutuhan kelas III SD Negeri Wadungasih 2 Buduran, Sidoarjo. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari adanya kenaikan presentase dari siklus 1 ke siklus II
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, Kartu Arisan, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:49 |
Last Modified: | 04 May 2018 04:20 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3005 |
Actions (login required)
View Item |