PENERAPAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD KELAS 3

Fadilah, Siti Khoiro Nur (2018) PENERAPAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD KELAS 3. PENERAPAN STRATEGI DIRECT READING THINKING ACTIVITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD KELAS 3.

[img] Text
SITI KHOIRO N. F. (158620600196).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peneratan Strategi Direct Reading Thinking Activity untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sd kelas 3.Berdasarkanobservasi yang telah dilakukan pada SDN Cangkring turi Prambon, telah ditemukan permasalahan di saat siswa pada saat pembelajaran.hal ini bisa dibuktikan dengan adanya 30 siswa dan 10 siswa nilainya masih dibawah KKM.jika depersentasekan yaitu sebensar 33%. Untuk mengatasi permasalahan terebut Penelitian ini menerapkan Strategi Direct Reading Thinking Activity dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini, adapun subyek yang diamati yaitu guru kelas dan siswa kelas 3. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatifTeknik pengumpulan data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada sikluss I yaitu 95,88 dan presentsae ketuntasan klasikal mencapai 62,96% dengan kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata yang tuntas dari hasil keterampilan membaca pemahaamn menjadi 90,70dengan presentase ketuntasan kalsikal menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Direct Reading Thinking Activity dapat meningkatkan keterampilan membaca siswakelas 3 di SDN Cangkring Turi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Membaca Pemahaman, strategi DRTA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:21
Last Modified: 04 May 2018 01:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item