Nisya', Choirotun (2018) PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS II SD. PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI SISWA KELAS II SD.
Text
CHOIROTUN NISYA' (148620600011).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (176kB) |
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran pada materi bangun datar siswa kelas II SD Negeri Terung Wetan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Sedangkan bentuk penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Berdasarkan data yang telah diperoleh dapat dibandingkan antara hasil observasi yang diperoleh pada siklus I dan hasil observasi yang diperoleh pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 33,4% dari siklus I sebesar 42,5% dan siklus II sebesar 75,9%. Data tersebut diperkuat dengan meningkatnya tes akhir (post-test) yang diperoleh dari siswa. Maka dapat disimpulkan, melalui pembelajaran realistik berbasis multimedia dapat meningkatkan pemahaman pada konsep geometri dan pengukuran siswa SD Negeri Terung Wetan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika Realistik, Multimedia, Pemahaman, Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:48 |
Last Modified: | 04 May 2018 01:48 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2988 |
Actions (login required)
View Item |