PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD KELAS 3

Helita Ni'maturrahma, Helita (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD KELAS 3. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SD KELAS 3.

[img] Text
.HELITA NI'MATURRAHMA.PGSD A4. SMT 6. 158620600202.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)

Abstract

Keterampilan dalam berbahasa Indonesia mempunyai beberapa kemampuan yang harus dapat dilakukan salah satunya yaitu menulis. Dalam lingkungan Sekolah Dasar keterampilan menulis sangat rendah sekali , dan masalah itu ditemukan dalam kelas III di SDN Pucang 4 Sidoarjo. Pada kelas III tampak bahwa kurangnya dalam keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkan adalah kesulitan siswa dalam menyusun kata dalam perbait, rendahnya minat siswa dalam menulis puisi, dan juga rendahnya pengguasaan siswa dalam berkata. Masalah tersebut akan berdampak pada rendahnya minat siswa dalam menulis puisi dengan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah “ Apakah penerapan model pembelajaran Complete Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III SD”. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdapat 2 siklus meliputi, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi . berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas III SDN Pucang 4 Sidoarjo dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan keterampilan menulis puisi. Dengan menunjukkan hasil penelitian: (1) menurunnya kesulitan siswa dalam menyusun kata perbait, dan juga pemakaian kata dalam menyusun struktur perbait dalam puisi; (2) meningkatkan minat siswa dalam keterampilan menulis puisi; (3) meningkatnya penguasaan kata-kata.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Complete Sentence, keterampilan menulis, menulis puisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:50
Last Modified: 04 May 2018 01:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item