Oktaviani, Eka Dwi (2018) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA SISWA KELAS 1 SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
REVISI EKA DWI OKTAVIANI.PGSD.A4. SMT 6. 158620600184.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (317kB) |
Abstract
Pendidikan matematika memegang peran yang sangat penting untuk membentuk sikap, konsep dan pola pikir untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar. Oleh karena itu, pembelajaran matematika sangat diperlukan dari bangku Sekolah Dasar (SD) agar peserta didik dapat memiliki penguasaan dimana dalam setiap mata pelajaran matematika ini siswa dapat memiliki kemampuan dalam menyelesaikan dan memahami konsep dalam soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan model role playing dalam pembelajaran matematika materi pokok soal cerita penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Dalam penelitian yang dilakukan ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Semester I SDN Kalisampurno I Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian dimana dalam PTK ini menggunakan role playing pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran matematika menunjukkan bahwa dengan pengguanaan role playing mengalami peningkatan pemahaman dalam pembelajaran, hal ini dapat dengan perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika materi soal cerita penjumlahan dan pengurangan mengalami peningkatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, soal cerita, Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 04 May 2018 01:56 |
Last Modified: | 04 May 2018 01:56 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2984 |
Actions (login required)
View Item |