Penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan

Aini, Silvia Nur (2018) Penerapan Metode Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SILVIA NUR AINI 158620600218.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)

Abstract

Membaca permulaan merupakan dimana siswa mahir dalam pengucapan lambang bunyi bahasa, yaitu kegiatan pengucapan kata, susunan kalimat dan satuan paragraf. Penelitiha ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam membaca dan mebulis permulaan. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar,sebelum melakukan observasi peneliti melakukan wawancara kepada guru kelas di SDN Jedong Cangkring mengenai permasalahan atau kesulitan siswa kelas I dalam pembeajaran. Metode global berarti metode dalam pengajaran bahasa untuk mengajar membaca dan menulis permulaan dengan menyajikan bahasa secara utuh dan meminta siswa untuk menyalinnya, biasanya siswa menghafalkan lalu kesulitan dalam membaca dan menuliskan unsur yang baru. Bagi kelas I di SDN tersebut mengalami kesusahan pada saat membaca dan menulis permulaan, karena apabila guru meminta membaca dan menyalinnya di buku tulis secara bersama-sama maka siswa bisa melakukannya, sedangkan guru memberinya gambaran atau unsur yang baru maka siswa kesulitan untuk membca dan menuliskan ulang secara individual. Terkait permasalahan di SDN tersebut, maka peneliti merasa cocok bahwa menggunakan metode global tersebut bisa mngatasi permasalahan yang ada di SDN Jedong Cangkring khususnya pada kelas I. Metode global yang diterapkan ke siswa siswi SDN tersebut dapat diterima dengan baik, karena peneliti berulang-ulang memberikan unsur ata gambaran yang baru untuk siswa-siswa kelas I, jadi dengan demikian maka semua bisa membaca dan menuliskannya di buku tulis masing-masing degan baik dan benar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Global, Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:13
Last Modified: 04 May 2018 02:13
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2980

Actions (login required)

View Item View Item