PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS IV SD

yuyun indayani, indayani (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS IV SD. PENERAPAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENIGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN SISWA KELAS IV SD.

[img] Text
YUYUN INDAYANI. 158620600214..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (168kB)

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan Sekolah Dasar adalah rendahnya keterampilan siswa dalam menulis. Masalah tersebut dijumpai pada siswa kelas IV SDN Njati tahun Ajaran 2017 - 2018 di kelas IV, tampak bahwa kelas IV SDN Njati ini kurang dalam hal keterampilan menulis ringkasan materi pada pelajaran bahasa Indonesia. Faktor penyebabnya adalah kesulitan siswa dalam menggunakan ejaan yang tulis; penyusunan kata – kata yang menjadi sebuah kalimat; serta kesulitan menemukan ide – ide pokok dalam suatu materi. Masalah tersebut menyebabkan siswa cenderung keterampilan menulis ringkasan menjadi kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah “dengan melalui model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan menulis ringkasan materi”. Penelitian ini yang digunakan adalah jenis penelitian dari tindakan kelas (PTK) model Kemmis and Taggart yang terdiri dari dua siklus (siklus 1 dan siklus 2) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dalam hal keterampilan menulis ringkasan pada siswa kelas IV SDN Njati. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penurunan kesulitan ejaan yang ditulis; (2) penurunan siswa dalam kegiatan menyusun kata – kata menjadi sebuah kalimat; (3) mulai dapat menemukan ide pokok.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Cooperative Script, Keterampilan menulis, Menulis Ringkasan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:51
Last Modified: 04 May 2018 01:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2977

Actions (login required)

View Item View Item