Zahro', Ayu Fatimatuz (2018) PENERAPAN MODEL AKTIF-REFLEKTIF TENTANG OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
AYU FATIMATUZ ZAHRO'158620600180.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (168kB) |
Abstract
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman yang diperoleh peserta didik saat proses pembelajaran matematika melalui model pembelajaran aktif-reflektif. Penelitian ini berbasis dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Proses penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus memiliki tahapan yang sama, yaitu melakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setiap tahapan memiliki indikator pemahaman yang sama dalam pencapaiannya. Sasaran penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Terungwetan. Melalui kegiatan penelitian dengan menerapkan model aktif-reflektif ini, tingkat pemahaman siswa dapat meningkat dalam materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adaya peningkatan presentase nilai pre test ke post test. Saat pre test presentase peningkatan pemahaman siswa sebesar 41% sedangkan pada saat post test presentasi peningkatan pemahaman siswa menjadi 67%. Melalui hasil peningkatan pemahaman siswa, maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa yang ditimbulkan karena penggunaan model aktif-reflektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran aktif, pembelajaran reflektif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 21 Feb 2019 06:46 |
Last Modified: | 21 Feb 2019 06:46 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2973 |
Actions (login required)
View Item |