PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD

Hikmah, Novi Lailatul (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS III SD. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
NOVI LAILATUL HIKMAH (158620600192) (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran jarimatika terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas III SDN Kalisampurno I Tanggulangin, Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK terdapat dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kalisampurno Tanggulangin yang berjumlah 25 siswa. Terdiri dari 10 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes tulis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data ini adalah 1) soal pre-test dan post test, 2) lembar observasi, 3) berupa angket tanggapan siswa mengenai penerepan metode pembelajaran jarimatika. Data dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu hasil belajar siswa dari sebelum dilakukan tindakan sampai dilakukan siklus I sebesar 6 dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 9.4 sedangkan sebelum dilakukan penelitian sampai siklus II terjadi banyak peningkatan yaitu sebesar 15.4. Dapat dilihat dari nilai siswa terjadi peningkatan yang signifikan, dilihat dari nilai siswa siklus I siswa yang tuntas yaitu 17 siswa dengan presentase 68% dan nilai siswa di siklus II siswa yang tuntas yaitu 23 siswa dengan presentase 92%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam kemampuan berhitung perkalian pada siswa kelas III pada mata pelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran jarimatika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung, Perkalian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 02:04
Last Modified: 04 May 2018 02:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2971

Actions (login required)

View Item View Item