PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JEDONGCANGKRING

Rohida, Vivit khusnur (2018) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JEDONGCANGKRING. PTK A4 2018 PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
VIVIT KHUSNUR 158620600234 terakhir.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui meningkatnya memori ingat dan mengetahui teori lupa dengan menggunakan metode mind mapping kelas V SDN JEDONG CANGKRING. Metode mind mapping berharap agar bisa meningkatkan memori ingat (daya ingat) siswa untuk lebih cepat tangkap dalam menerima dan mengulas kembali pelajaran yang sudah diajarkan guru sehingga dapat motivasi untuk lebih giat belajar dan cepat memahami pelajaran terebut. Dan juga bertujuan untuk mencari teori lupa, karena ingin mengetahui apa penyebab siswa mudah lupa dalam pembelajaran. Penelitian ini di dijadi satukan antara penelitian tindakan kelas dan guru kelas. penelitian ini untuk 30 siswa kelas V SDN JEDONG CANGKRING. Tujuan penelitian ini adalah memori ingat siswa. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, pada siklus awal terdiri atas II tindakan, sedangkan pada siklus yang ke II terdiri atas II tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk dalam psikologi kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan memori ingat anak dengan nilai 81 yang berarti memori ingat yang dimiliki anak, memiliki kategori sangat baik. Pada kondisi awal, daya ingat anak diperoleh dari hasil pre test mendapatkan rata- rata nilai 59,5 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I, peningkatan daya ingat diperoleh dari hasil test mendapatkan rata-rata nilai 68,8 dengan kategori baik. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan melalui test dengan mendapatkan nilai rata-rata mencapai 81 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media mind mapping yang dijelaskan dengan menyebutkan ciri-ciri dari gambar terkait dapat meningkatkan daya ingat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: theory memori ingat , dan Theory lupa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 04 May 2018 01:52
Last Modified: 04 May 2018 01:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item